Sabtu, 01 Agustus 2015

Berita Tekno China Temukan Laut Tersembunyi di Bawah Xinjiang

Berita Tekno China Temukan Laut Tersembunyi di Bawah Xinjiang

sumber berita China Temukan Laut Tersembunyi di Bawah Xinjiang : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2226286/china-temukan-laut-tersembunyi-di-bawah-xinjiang

INILAHCOM. Urumqi -- Ilmuwan Tiongkok menemukan laut tersembunyi di bawah cekungan di barat laut Xinjang -- salah satu wilayah paling kering di muka Bumi.

South China Morning Post memberitakan jumlah air garam tersembunyi di bawah Cekungan Tarim, atau Tarim Basin, kemungkinan sepuluh kali lebih besar dari dari lima lautan air asin di Great Lake di AS.

Ilmuwan Tiongkok memperkirakan air terbentuk dari salju yang mencair, dan mengalir turun dari pegunungan ke sekitar cekungan.

"Ini jumlah air asin yang menakutkan," ujar Li Yan, profesor Chinese Academy of Sciences's Xinjiang Institute of Ecology and Geography di Urumqi, ibu kota Xinjiang.

"Saya rasa definisi gurun harus diubah," lanjutnya.

Tarim Basin diketahui memiliki cadangan minyak luar biasa, kendati untuk mencapainya diperlukan sejumlah besar air.

Seperti temuan ilmiah lain, tim yang dipimpin Prof Li menemukan laut tersembunyi secara tidak sengaja.

Prof Li datang ke Xinjiang untuk memahami perubahan iklim, mencari daerah tempat karbon diserap. Kawasan Xinjiang layaknya hutan dan lautan, yang menyerap karbon.

Sejak satu dekade lalu Prof Li dan timnya menemukan sejumlah besar karbon dioksida menghilang tanpa jejak di Tarim Basin. Ia berangkat ke wilayah itu untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

"Kami masih akan bekerja untuk mengetahui apakah lautan bisa berada di bawah gurun besar lainnya," ujar Prof Li.

Tarim Basin adalah cekungan terbesar di muka bumi, dengan luas 900 ribu kilometer persegi. Cekungan ini juga rumah bagi Gurun Taklamakan, wilayah paling ganas dan mematikan di muka bumi.

Nuhun for visit China Temukan Laut Tersembunyi di Bawah Xinjiang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar