Sabtu, 29 Agustus 2015

Berita Tekno Dua Anak Indonesia Juara Kontes Lukis Dunia

Berita Tekno Dua Anak Indonesia Juara Kontes Lukis Dunia

sumber berita Dua Anak Indonesia Juara Kontes Lukis Dunia : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2233582/dua-anak-indonesia-juara-kontes-lukis-dunia

INILAHCOM, Jakarta - Kiddya Fastabiul Ulum (8 tahun) asal Semarang, Jawa Tengah dan Amanda Dewi Nasya (7 tahun) dari Serang, Banten, berhasil meraih Bronze Award pada World Contest Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2015, yang mengambil tema Mobil Impian Masa Depan.

Kiddya dan Amanda merupakan perwakilan anak Indonesia yang berhasil terpilih dari 875 ribu peserta yang berasal dari 81 negara. Selain mendapat hadiah uang tunai, Toyota memberikan apresiasi dengan mengajak Kiddya dan Amanda untuk melakukan kunjungan ke Jepang.
 
Melalui hasil karya dan imajinasinya, Kiddya menggambarkan mobil masa depan dalam bentuk Sepatu yang bisa membawa penumpangnya kemana saja. Ke luar angkasa, ke dalam laut, hingga menjelajah ke berbagai tempat.

Sedangkan Amanda menggambarkan mobil dalam bentuk Cumi-cumi yang bisa mejelajah di darat, laut, maupun udara. Imajinasinya menggambarkan tentakel pada mobil Cumi-cumi bisa berfungsi untuk menyedot sampah hingga menyaring udara menjadi lebih bersih.


 
Imajinasi anak memang luar biasa. Daya imajinasi dan kreativitas seni mereka, bukan tidak mungkin menjadi inspirasi yang sangat berharga untuk menghasilkan ide-ide baru dan original guna memenuhi tuntutan kebutuhan di masa depan.
 
"Seluruh gambar peserta menginspirasi engineer Toyota untuk terus berkreasi dan menciptakan ide baru," kata Mitsuhisa Kato, Vice President Director, Toyota Motor Corporation, Jepang, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.
 
Prestasi dan apresiasi tersebut tentu diraih dengan tidak mudah oleh Kiddya dan Amanda. Mereka harus melalui dua tahap seleksi penyaringan pada ajang local contest dan world contest TDCAC.

Pada local contest, Toyota Indonesia memilih 9 pemenang dari 2.626 perserta di Indonesia, sebagai peserta terpilih yang merupakan 3 peserta terbaik untuk kategori usia di bawah 8 tahun; 3 peserta kategori usia 8-11 tahun; dan 3 peserta kategori usia 12-15 tahun.

Hasil karya 9 pemenang (peserta) dari tiga ketegori usia itu kemudian dikirim ke Jepang sebagai karya lolos seleksi yang berhak mengikuti world contest TDCAC ke-9 (2015) di Jepang.
 
Kontes yang telah berlangsung sejak tahun 2004 ini merupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia usia di bawah 15 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk TDCAC ke-9, peserta diberi kesempatan untuk mengumpulkan hasil karya (gambarnya) hingga akhir bulan Februari 2015.

Kontes ini terdiri dari tiga tahap, yaitu local contest (tahap nasional) dan world contest (tahap internasional), serta awarding. Untuk tahap nasional, diselenggarakan di masing-masing negara peserta yang berlangsung pada Februari 2015.
 
Untuk mengikuti TDCAC, peserta harus memperoleh izin dari orang tua sebelum mengunduh dan mengisi formulir di situs resmi Toyota Indonesia.

Karya yang diserahkan kepada panitia harus memenuhi ketentuan, diantaranya menggunakan media gambar (kertas) ukuran A3, menggunakan alat tulis maupun alat mewarnai (krayon, pensil warna, spidol, cat air, dan lainnya), namun tidak diperkenankan menggunakan peralatan digital.
 
Penjurian dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap nasional dan internasional. Untuk tahap nasional, dipilih 3 terbaik dari masing-masing kategori usia.

Tiga juara terbaik pada masing-masing kategori usia untuk level nasional, berhak memperoleh hadiah uang tunai senilai Rp10 juta untuk Juara 1, Rp5 juta untuk Juara 2, dan Rp3 juta untuk Juara 3. Dan masih ada hadiah Rp1 juta untuk 5 peserta yang memperoleh predikat Juara Harapan.

Pada tahap selanjutnya, ketiga peserta terbaik secara otomatis diikutsertakan ke dalam kontes internasional. Sementara itu, dalam kontes internasional, dewan juri akan memilih juara dengan level Award Gold, Silver, dan Bronze.
 
Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin menyebutkan bahwa aktivitas CSR Toyota Indonesia berpedoman pada empat pilar, yaitu Lingkungan, Pendidikan, Keselamatan Berkendara, dan Pengembangan Masyarakat.
 
"Selama ini, anak-anak belum dijadikan sebagai target dari aktivitas CSR Toyota Indonesia. Sehingga, program TDCAC ini dapat dijadikan sebagai satu kesempatan yang bagus untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan CSR Toyota Indonesia," kata Suparno Djasmin.
 
Melalui ajang ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk memberikan edukasi tentang lingkungan kepada anak-anak melalui kontes menggambar mobil impian masa depan, serta meningkatkan skill dan memelihara kreativitas mereka sebagai generasi penerus bangsa.
 
"Semoga kontes ini mendapatkan respon positif dan animo yang besar dari masyarakat di seluruh wilayah di Tanah Air. Kami berharap semakin banyak anak-anak Indonesia ikut berpartisipasi dalam lomba ini dan saling berbagi ide mengenai mobil impian masa depan dan meningkatkan kesadaran mereka terhadap lingkungan," ujarnya.
 
Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif kontribusi sosial yang dilakukan oleh Toyota Group. TDCAC merupakan aktivitas global Toyota yang bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang lingkungan melalui kontes menggambar.

Pada TDCAC yang memasuki penyelenggaraan ke-9, Program Toyota Dream Art Car Contest ini bertujuan untuk mewadahi generasi muda untuk mengembangkan bakat seni dan sekaligus apresiasi bagi karya dan ide akan kendaraan masa depan.
 
Sejak digelar pertama kali oleh Toyota Motor Corporation pada 2004. Indonesia sudah empat kali berpartisipasi di tingkat international (world contest), yaitu pada 2008, 2011, dan 2012.

Pada TDCAC ke-4 (2008), perwakilan Indonesia berhasil meraih posisi Gold. Pada TDCAC ke-5 (2011), Indonesia meraih dua kemenangan yaitu Silver dan Bronze. Sementara pada TDCAC ke-6 (2012), Indonesia berhasil meraih juara Bronze, dan kembali memperoleh Bronze pada TDCAC ke-9 (2015).

[ikh]

Nuhun for visit Dua Anak Indonesia Juara Kontes Lukis Dunia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar