Rabu, 26 Agustus 2015

Berita Tekno Ini Komitmen Toyota Demi Lingkungan Lebih Baik

Berita Tekno Ini Komitmen Toyota Demi Lingkungan Lebih Baik

sumber berita Ini Komitmen Toyota Demi Lingkungan Lebih Baik : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2232739/ini-komitmen-toyota-demi-lingkungan-lebih-baik

INILAHCOM, Tangerang - Tak lagi sekedar berbicara efisiensi, power atau kekuatan mesin, salah satu tantangan terberat industri otomotif saat ini adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang ramah lingkungan.
 
Sejalan dengan itu, sejak beberapa tahun terakhir, Toyota telah berhasil mengembangan berbagai teknologi terdepan di bidang otomotif, antara lain melalui teknologi hybrid maupun  teknologi kendaraan berbahan alternatif seperti hidrogen.
 
"Sesuai dengan prinsip Kaizen, Toyota secara konsisten mengembangkan berbagai teknologi untuk mencapai ultimate eco car, mulai dari pengembangan engine sampai perbaikan di tahap produksi," kata Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), di sela-sela gelaran GIIAS 2015 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (26/8).
                                                                                                                                 
Ultimate eco car merupakan tujuan Toyota untuk menghadirkan mesin yang ramah lingkungan. Saat ini, Toyota sedang mengarah ke sana, karena teknologi yang dikembangkan dari waktu ke waktu semakin ramah lingkungan.
 
"Makanya kami selalu berinovasi untuk menciptakan teknologi yang ramah lingkungan. Terbukti saat ini Toyota berhasil menjadi pionir dengan mengembangkan Mirai yang setelah dipasarkan mendapatkan animo luar biasa. Diharapkan ke depannya, Toyota akan menghadirkan lebih banyak lagi teknologi yang eco friendly," ucap Samulo.
 
Selama bertahun-tahun, Toyota menjadi produsen kendaraan dengan teknologi terdepan, yang hadir dengan teknologi dan jajaran produk paling lengkap, yang merupakan bagian dari semangat 'Beyond Drive'.
 
Semangat ini diimplementasikan melalui komitmen Toyota dalam menghadirkan produk dan teknologi yang lengkap, inovatif, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan mempunyai kinerja prima.
 
Semangat improvement terus ditunjukkan Toyota dalam mengembangkan produk-produk terbaiknya. Saat ini, tuntutan perkembangan mesin semakin mengarah pada eco friendly yang  efisien terhadap penggunaan bahan bakar, ramah lingkungan, namun tidak mengurangi kesenangan dalam berkendara.
 
Pengembangan engine di Toyota antara lain mengacu pada upaya mengisi setiap line-up produk dengan mesin yang mampu menghasilkan kinerja maksimal baik untuk mendukung kelincahan, kenyamanan berkendara, dengan emisi rendah.


 
Di Indonesia, Toyota menghadirkan line-up paling lengkap untuk memberikan benefit lebih kepada konsumen yang didukung teknologi mesin yang inovatif, ramah lingkungan, efisien bahan bakar, serta performa yang prima.
 
Toyota senantiasa melakukan pengembangan dan menghadirkan beragam teknologi mesin yang sesuai dengan kebutuhan line-up yang ada, baik konvensional hingga mesin yang sangat modern sekalipun, atau bahkan baru pertama di dunia.
 
"Mesin K-Series yang digunakan Toyota Kijang lama atau 4A pada mesin Toyota Corolla, merupakan mesin-mesin yang dikenal tangguh dan memberikan kenyamanan berkendara di zamannya," ujar Samulo.

"Keunggulan mesin-mesin ini sekaligus menjadi milestones penting keberadaan Toyota di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Toyota juga melakukan pengembangan terhadap teknologi mesin untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," imbuhnya.
 
Untuk meningkatkan performa kendaraan, Toyota telah mengadopsi mesin-mesin terbaru untuk kendaraan yang diproduksi di Indonesia. Mesin VVT-i yang sebelumnya digunakan pada beberapa line-up seperti Agya, Etios Valco, Avanza, Kijang Innova, Rush, Yaris, Vios dan Fortuner, kini telah dikembangkan menjadi Dual VVT-i.

Teknologi mesin yang dikembangkan sesuai dengan kondisi Indonesia, saat ini telah disematkan untuk All New Corolla Altis, All New Camry, RAV4, All New Alphard, dan All New Velfire. Bahkan, Dual VVT-i ini juga sudah mulai digunakan untuk segmen low MPV yang baru diluncurkan ke pasar, yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Dual VVT-i merupakan teknologi mesin yang efisien dalam penggunaan bahan bakar, namun tetap mendukung kinerja tenaga yang besar dengan semangat eco friendly yang ramah lingkungan.
 
Secara lebih lengkap, teknologi terkini Toyota juga terlihat pada kehadiran kendaraan berbasis mesin Valvematic, Hybrid, VNT (Variable Nozzle Turbo), hingga Fuel Cell dan Electric.

Sebagai gambaran, Valvematic yang diterapkan pada Toyota NAV1, merupakan teknologi mesin pintar yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sesuai dengan putaran mesin.
 
Teknologi hybrid tidak hanya diterapkan pada Prius dan All New Camry yang merupakan satu-satunya sedan dengan mesin ramah lingkungan di Indonesia, tetapi juga digunakan pada All New Alphard. Hybrid merupakan teknologi kendaraan yang menggunakan mesin bensin konvensional serta baterai sebagai sumber tenaga.
 
Sementara, VNT yang dipakai Grand New Toyota Fortuner dan All New Toyota Hilux Diesel merupakan teknologi mesin diesel modern yang diaplikasi oleh Toyota untuk varian kendaraan dengan mesin bernahan bakar solar. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.
 
Toyota juga mulai memperkenalkan mesin berteknologi Fuel Cell yang digunakan untuk Mirai. Mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia ini memiliki keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan karena gas buangnya air (zero carbon emission).

Selain Fuel Cell, Toyota juga mengembangkan mesin listrik berbaterai lithium ion seperti yang diterapkan pada i-Road, kendaraan kompak masa depan yang cocok untuk daerah perkotaan.
 
"Toyota berupaya menempati posisi terdepan dalam pengembangan mobilitas masa depan (Beyond Mobility) melalui kendaraan dengan teknologi paling aman dan ramah lingkungan. Semua upaya tersebut merupakan komitmen Toyota dalam menghadirkan produk-produk yang excitement melebihi ekspektasi konsumen yang sejalan dengan konsep Let’s Go Beyond," pungkas Samulo. [ikh]

Nuhun for visit Ini Komitmen Toyota Demi Lingkungan Lebih Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar