Kamis, 27 Agustus 2015

Berita Tekno Tata Pamerkan Dua Mobil Ramah Lingkungan

Berita Tekno Tata Pamerkan Dua Mobil Ramah Lingkungan

sumber berita Tata Pamerkan Dua Mobil Ramah Lingkungan : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2232838/tata-pamerkan-dua-mobil-ramah-lingkungan

INILAHCOM, Tangerang - Tak hanya Toyota dengan mobil bermesin hybrid dan Nissan dengan mobil listrik, pabrikan mobil India, Tata Motors, pun menampilkan produk kendaraan ramah lingkungan mereka di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 yang saat ini tengah digelar di ICE BSD City, Tangerang.

Di perhelatan otomotif akbar ini, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memboyong dua mobil mungil berbahan bakar CNG (compressed natural gas), yakni Tata Ace CNG dan Tata Iris CNG.

Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta mengatakan bahwa kehadiran dua mobil ini merupakan bentuk tawaran solusi dari Tata Motors untuk kendaraan komersial yang kuat dan cerdas.

"DI GIIAS 2015, kami menawarkan kendaraan rakyat dengan teknologi ramah lingkungan berbahan bakar alternatif CNG; Tata Ace CNG dan Tata Iris CNG yang dapat digunakan sebagai angkutan penumpang dan logistik antar wilayah kecamatan dan pedesaan," ujar Biswadev.

Tata Ace CNG menggunakan mesin 275 CNG-BS IV Water-cooled Multipoint Gas Injection Engine berkapasitas 702cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 21hp pada 3400rpm dan torsi 49Nm di 2200rpm.



Sedangkan Tata Iris CNG menggendong mesin CNG satu-silinder berkapasitas 611cc yang mampu menggelontorkan tenaga sebesar 13,2hp dan torsi maksimal 39Nm. Tangki CNG Tata Iris memiliki kapasitas 10 kg atau setara dengan kemampuan jarak tempuh hingga 220 kilometer.



Baik Tata Ace CNG maupun Tata Iris CNG sama-sama dibekali dengan transmisi manual 5-percepatan.

Tata Motors mengembangkan teknologi CNG tanpa melibatkan tangan ketiga atau after market melainkan memiliki pabrik khusus (fully built CNG production) yang memproduksi kendaraan berbahan bakar CNG di Uttarakhand, India.

"Kelebihan pengembangan dan produksi langsung adalah konsumen dapat menikmati sistem CNG dan instalasi CNG yang lebih aman dan berkualitas standar," jelas Biswadev.

Ia menambahkan bahwa Tata Motors berkomitmen untuk memberikan solusi bagi Indonesia dengan kendaraan komersial kecil, kendaraan logistik kecil dan kendaraan angkut penumpang.

"Tak hanya itu, kami juga ingin menjadi bagian dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," tegas Biswadev.

Sayangnya, ia tidak menyebutkan kapan kedua mobil berbahan bakar CNG besutan Tata Motors itu akan mulai dipasarkan di Indonesia. [ikh]

Nuhun for visit Tata Pamerkan Dua Mobil Ramah Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar