Kamis, 17 September 2015

Berita Tekno Mengatasi Ponsel Basah Ke Dalam Beras Cuma Mitos?

Berita Tekno Mengatasi Ponsel Basah Ke Dalam Beras Cuma Mitos?

sumber berita Mengatasi Ponsel Basah Ke Dalam Beras Cuma Mitos? : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2238107/mengatasi-ponsel-basah-ke-dalam-beras-cuma-mitos

TIDAK sengaja menjatuhkan ponsel di dalam air terkadang akan membuat kita panik. Dan kebanyakan dari teman atau keluarga pasti menyarankan untuk merendam ponsel tersebut ke dalam beras.

Saran tersebut memang tak sepenuhnya salah. Tapi pertanyaan yang kemudian muncul adalah, benarkah beras bisa menyelesaikan masalah ponsel yang basah kuyup itu?

Trik ini bukan hal baru. Bahkan memasukkan gadget basah ke dalam beras sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu.

Pada 1996, Earl Proulx dari majalah Yankee menulis perihal beras ini dalam sebuah artikel berjudul Make It Last: Over 1.000 Ingenious Ways to Extend the Life of Everything You Own.

"Jika Anda membawa kamera ke daerah yang hangat dan bercuaca lembab, gunakan silica gel atau beras dalam kantong tembus udara sebagai pelindung dari jamur dan karat," tulis Proulx.

Lebih jauh lagi, pada majalah Popular Photography edisi 1946 dimuat artikel sejenis. Kali ini disebutkan bahwa untuk menjaga level kelembaban film, simpan bersama silica gel atau bisa juga menggunakan teh, kertas cokelat, dan beras.

Sementara itu pada 2014, Gazelle.com menguji mitos ini dan membuktikannya salah. Beras ternyata tidak cukup handal dalam hal menyerap kelembaban. Kemampuannya jauh lebih buruk bila dibanding dengan oatmeal dan nasi instan.

Seorang jurnalis The Verge, yang kebetulan menjatuhkan ponsel miliknya ke dasar danau, kemudian mencoba membuktikannya. Ponsel yang tercebur ke danau dan mati itu dimasukkan ke dalam boks beras.

Dan ternyata hasil percobaan ini membuktikan bahwa trik tersebut keliru.

Ponsel yang sempat tengelam di dasar danau itu memang hidup lagi, setidaknya untuk beberapa waktu. Tapi setelah beberapa pekan berjalan, ponsel tersebut kembali bermasalah dan kehilangan sinyal.

Ia pun membawanya ke service center. Sang petugas yang mengurus hal itu pun kebingungan, hingga akhirnya dia bertanya, "Apakah Anda menjatuhkan ponsel ke dalam air?" [ikh]

Nuhun for visit Mengatasi Ponsel Basah Ke Dalam Beras Cuma Mitos?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar