Selasa, 22 September 2015

Berita Tekno Skandal Emisi, VW Terancam Denda Rp260 Triliun!

Berita Tekno Skandal Emisi, VW Terancam Denda Rp260 Triliun!

sumber berita Skandal Emisi, VW Terancam Denda Rp260 Triliun! : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2239469/skandal-emisi-vw-terancam-denda-rp260-triliun

INILAHCOM, Washington DC - Volkswagen (VW) terancam denda sebesar US$ 18 miliar atau sekitar Rp260 triliun terkait skandal emisi kendaraan diesel mereka di AS.

Hal tersebut menyusul temuan Badan Perlindungan Lingkungan Hidup AS atau EPA yang mengungkap bahwa produsen mobil Jerman ini telah melakukan kecurangan dengan memasang software khusus pada berbagai produk mereka saat melakukan uji emisi kendaraan.

VW diketahui telah memasangkan piranti lunak tersebut pada mobil-mobil yang dipasarkan di AS seperti Beetle, Golf, Jetta, Passat, serta Audi A3 yang menggunakan mesin 2.0-liter turbo diesel milik perusahaan tersebut. Menurut EPA, mobil-mobil tersebut membuang nitrogen oksida (NOx) hingga 40 kali dari batas legalnya.

Selain memerintahkan VW untuk menarik setengah juta kendaraan mereka di AS, EPA juga bakal menjatuhkan denda terkait hal tersebut. Pejabat EPA, Cynthia Giles, mengatakan perusahaan tersebut bisa kena penalti hingga US$ 37.500 (sekitar Rp540 juta) untuk setiap kendaraan yang melanggar regulasi udara bersih.

Dengan sekitar 482.000 unit mobil bermesin 2.0-liter turbo diesel yang dicurigai menggunakan software khusus, VW bisa didenda hingga US$ 18 miliar atau sekitar Rp260 triliun jika semua kendaraan itu tidak mengikuti standar legal yang dimandatkan.

Pihak VW pun telah mengakui kesalahan mereka. Bahkan CEO mereka, Martin Winterkorn, telah meminta maaf dan berjanji akan bekerja sama dengan  badan-badan yang bertanggung jawab untuk mendapatkan fakta secepat mungkin.

Terungkapnya skandal emisi itu mengakibatkan saham VW jatuh hingga 19% dari 162,20 euro menjadi 131,90 euro pada penutupan bursa Senin (21/9/2015), yang membuat mereka kehilangan 14,4 miliar euro dari nilai pasar perusahaan. [ikh]

Nuhun for visit Skandal Emisi, VW Terancam Denda Rp260 Triliun!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar