Selasa, 22 September 2015

Berita Tekno Apple Tarik Sejumlah Aplikasi dari App Store

Berita Tekno Apple Tarik Sejumlah Aplikasi dari App Store

sumber berita Apple Tarik Sejumlah Aplikasi dari App Store : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2239585/apple-tarik-sejumlah-aplikasi-dari-app-store

INILAHCOM, Beijing - Apple telah menarik sejumlah aplikasi dari toko aplikasi online App Store setelah beberapa pengembang di China tertipu memakai perangkat lunak yang otomatis menyebarkan malware berbahaya.

Apple tidak merinci perusahaan mana yang terkena malware itu. Tetapi Tencent mengatakan aplikasi populer WeChat miliknya terimbas dan segera merilis versi baru setelah menemukan virus itu.

Sejumlah laporan di China mengatakan perusahaan-perusahaan yang terkena di antaranya sejumlah bank, sebuah maskapai penerbangan, dan sebuah layanan musik populer.

BACA JUGA: Wah, Apple App Store Terinfeksi Malware

Menurut perusahaan keamanan jaringan yang berbasis di AS, Palo Alto Networks, malware tersebut menyebar lewat versi palsu Xcode milik Apple yang dipakai untuk membuat aplikasi di iPhone dan iPad.

Malware itu lalu mengumpulkan data dari perangkat-perangkat yang terinfeksi dan lalu mengunggahnya ke server-server asing.

Penyebaran malware ini pertama kali terungkap pekan lalu oleh tim periset keamanan pada perusahaan e-commerce Alibaba Group. Mereka lalu memberi nama malware ini dengan sebutan XcodeGhost.

Claud Xiao, seorang periset Palo Alto Network, mengatakan penyebaran virus semacam itu dipicu rasa frustrasi terhadap kebijakan China yang membatasi akses ke banyak situs asing, termasuk Apple. Banyak pengembang di sana lalu menggunakan perangkat lunak tiruan atau dokumen buatan luar negeri.

Menurut Xiao, ini adalah keenam kalinya sebuah malware berbahaya diketahui lolos penyaringan untuk masuk ke toko aplikasi online milik Apple. [ikh]

Nuhun for visit Apple Tarik Sejumlah Aplikasi dari App Store

Tidak ada komentar:

Posting Komentar