Selasa, 29 September 2015

Berita Tekno Jelajahi Kemegahan Borobudur via Google Maps

Berita Tekno Jelajahi Kemegahan Borobudur via Google Maps

sumber berita Jelajahi Kemegahan Borobudur via Google Maps : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2240648/jelajahi-kemegahan-borobudur-via-google-maps

INILAHCOM, Magelang - Kawasan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, sudah bisa dijelajahi menggunakan aplikasi Google Maps mulai hari Minggu (27/9/2015) atau bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia.

“Misi Google adalah untuk mengorganisasi informasi dunia, membuatnya mudah diakses dan bermanfaat bagi semua orang,” kata Shinto Nugroho, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia, saat peluncuran Street View Borobudur di kompleks Candi Borobudur.

Selain Candi Borobudur, aplikasi itu juga menampilkan gambar pemandangan jalan kawasan Candi Prambanan dan Ratu Boko serta candi-candi lain di sekitarnya.

Shinto mengatakan perusahaannya juga telah meluncurkan Google Cultural Institute untuk Indonesia sehingga pengguna aplikasi bisa menjelajahi candi-candi sekaligus mempelajari budaya dan sejarah candi.

Ia menjelaskan bahwa ada sekitar 200 artefak koleksi Taman Wisata Candi Borobudur dan Ratu Boko serta Museum Nasional Indonesia yang bisa dipelajari dalam jaringan melalui Google Cultural Institute, yang juga memungkinkan pengguna melihat ‘Mahakarya Borobudur’ dan ‘Kisah Visual Ramayana’.

“Dengan menghadirkan gambar Street View Borobudur dan kisah sejarah di Cultural Institute untuk pertama kalinya, kami berharap ini bisa membantu pelestarian budaya dan sejarah bagi generasi penerus bangsa,” ujar Shinto.

Selain itu juga diharapkan bisa menginspirasi lebih banyak orang di Indonesia dan seluruh dunia untuk mengunjungi dan mengapresiasi warisan budaya bangsa, imbuhnya.

Di samping kawasan-kawasan wisata budaya tersebut, Google juga meluncurkan gambar Street View empat kota besar di Indonesia seperti Lampung dan Lombok.

Pengguna bisa memanfaatkan gambar panorama 360 derajat tersebut untuk melihat destinasi sebelum tiba di tujuan, serta menjadikannya sebagai panduan mengemudi atau mengenal kota.

“Saat ini semua orang di seluruh penjuru dunia bisa merasakan pengalaman berada di Indonesia dengan bantuan teknologi, mengenal keunikan budaya nusantara sambil melestarikan peninggalan sejarah untuk generasi mendatang,” kata Shinto. [tar]

Nuhun for visit Jelajahi Kemegahan Borobudur via Google Maps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar