Minggu, 20 September 2015

Berita Tekno Dinosaurus 'Cakar Petir' Ditemukan di Australia

Berita Tekno Dinosaurus 'Cakar Petir' Ditemukan di Australia

sumber berita Dinosaurus 'Cakar Petir' Ditemukan di Australia : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2238922/dinosaurus-cakar-petir-ditemukan-di-australia

INILAHCOM, Sydney - Sejumlah ilmuwan sedang meneliti fosil dinosaurus pemakan daging jenis baru. Hewan prasejarah ini dipastikan bukan dari jenis Tyrannosaurus Rex (T-Rex), tapi dilihat dari cakar seperti kait yang dimilikinya, dinosaurus ini dipastikan merupakan makhluk yang sangat ganas.

Tulang belulang fosil dinosaurus yang disebut 'Cakar Petir' ini ditemukan di pedalaman Kota Lightning Ridge, New South Wales, Australia.

Para ilmuwan mengatakan bahwa fosil-fosil tersebut mewakili spesies yang belum diketahui sebelumnya. Dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan di Australia.

"Jelas bahwa kita sedang melihat sesuatu yang baru dan sangat bebeda dari semua fosil yang sebelumnya dikumpulkan di area ini," kata Dr Federico Fanti, ahli paleontologi dari Universitas Bologna, Italia, seperti dilansir NationalGeographic.

Fosil dengan penanggalan 10 juta tahun ini terdiri dari tulang kaki, bagian pinggul, rusuk, lengan dan cakar. Fosil tersebut mengindikasikan seekor dinosaurus dengan panjang 22 kaki, atau setengah panjang T-Rex, dengan cakar 10 inci yang mungkin digunakan dinosaurus itu sebagai pencengkeram untuk menangkap mangsanya.

Para ilmuwan menyimpulkan dinosaurus 'Cakar Petir' ini merupakan megaraptorid, kelompok dinosaurus theropod yang memiliki cakar tangan yang besar.

Saat dibandingkan dengan dinosaurus Australia dan Amerika Selatan yang lain, jelas bahwa spesies ini merupakan kelompok megaraptorid, kelompok dinosaurus yang relatif langka, diketahui kebanyakan berasal dari Argentina.

"Penemuan ini mengubah gagasan popular yang menyatakan dinosaurus Australia berasal dari nenek moyang dari Afrika dan Amerika Selatan. Justru dinosaurus 'Cakar Petir' ini tampaknya menjadi nenek moyang dari seluruh megaraptorid. Artinya, kelompok ini pertama kali muncul di Australia," kata Dr Phill Bell, ahli paleontologi di Universitas New England, Australia. [ikh]

Nuhun for visit Dinosaurus 'Cakar Petir' Ditemukan di Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar