Jumat, 04 September 2015

Berita Tekno Ada 3 Triliun Pohon Tumbuh di Dunia Saat Ini?

Berita Tekno Ada 3 Triliun Pohon Tumbuh di Dunia Saat Ini?

sumber berita Ada 3 Triliun Pohon Tumbuh di Dunia Saat Ini? : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2235226/ada-3-triliun-pohon-tumbuh-di-dunia-saat-ini

INILAHCOM, Connecticut - Menurut perkiraan terbaru sejumlah ilmuwan, saat ini ada lebih dari tiga triliun pohon yang tumbuh di muka Bumi.

Hal tersebut dikatakan oleh Thomas Crowther, peneliti dari Yale University di Amerika Serikat, berdasarkan rangkaian data survei daratan yang disertai citra satelit.

"Estimasi jumlah pohon yang didapatnya akan menjadi rujukan berbagai riset, mulai dari kajian habitat hewan dan tumbuhan terkait keanekaragaman hayati sampai penelitian perubahan iklim mengingat pohon memainkan peranan penting dalam mengurangi gas rumah kaca," kata Crowther kepada BBC.

Namun, ia menegaskan bahwa jumlah pohon yang dia perkirakan tidak mengubah apapun.

"Ini bukan berita baik buat dunia atau berita buruk. Kami hanya menggambarkan kondisi sisten hutan dunia dalam wujud angka sehingga khalayak dapat memahami, ilmuwan bisa menggunakan datanya, dan praktisi lingkungan atau pembuat kebijakan bisa paham dan memakai datanya," ujarnya.

Seperti disebutkan dalam jurnal ilmiah Nature, penelitian itu memperkirakan terdapat 3.040.000.000.000 pohon di dunia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,39 triliun di antaranya tumbuh di lahan tropis dan sub-tropis.

Kemudian 0,61 triliun berada di kawasan beriklim sedang dan 0,74 triliun di hutan yang berada di kawasan bawah Arktik.

Menanggapi penelitian itu, Dr Martin Lukac dari Universitas Reading, Inggris, mengaku tidak yakin apakah jumlah estimasi pohon mendekati angka akurat.

Sebab, pada penelitian sebelumnya, sejumlah ilmuwan memperkirakan jumlah pohon dunia hanya mencapai 400 miliar.

"Ada celah kesalahan dalam kajian seperti ini sehingga angka pastinya bisa antara dua hingga 10 kali lipat," kata Lukac. [ikh]

Nuhun for visit Ada 3 Triliun Pohon Tumbuh di Dunia Saat Ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar