Senin, 03 Agustus 2015

Berita Tekno Finalis Toyota Eco Youth Tuntaskan Proyek LH

Berita Tekno Finalis Toyota Eco Youth Tuntaskan Proyek LH

sumber berita Finalis Toyota Eco Youth Tuntaskan Proyek LH : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2226714/finalis-toyota-eco-youth-tuntaskan-proyek-lh

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 20 finalis Toyota Eco Youth ke-9 dari pelajar SMA dan SMK yang diselenggarakan Toyota Astra Motor (TAM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil menuntaskan proyek lingkungan hidup (LH).

Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami, menyebutkan keberhasilan Toyota Eco Youth ke-9 berkat kerja sama Toyota Indonesia, jaringan diler Toyota di seluruh Indonesia, serta partisipasi aktif sekolah, dewan juri, dan pemerintah Indonesia.

"Harapan kami, program Toyota Eco Youth ini dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan, untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan," ujar Nonami pada acara puncak Toyota Eco Youth (TEY) ke-9 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri, terpilih tiga pemenang untuk setiap kategori 'Sains' dan 'Sosial', serta satu pemenang terbaik (best of the best).

Untuk Kategori 'Sains', SMAN 6 Denpasar dengan proyek  Limbah Upacara Yadnya  menjadi juara pertama, SMAN 1 Blora dengan proyek  Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell Pembangkit Listrik pada Perangkap Serangga  menjadi juara kedua, dan SMAN 6 Banjarmasin dengan proyek  Pembuatan Alat Sederhana Penetralisir Air Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi  sebagai juara ketiga.

Pada kategori sosial, SMAN 19 Bandung dengan proyek  Babarengan: Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi  keluar sebagai juara pertama, SMAN 5 Surabaya dengan proyek  Cyber Nature  sebagai juara kedua, serta SMAN 1 Ubud dengan proyek  Bike Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi  sebagai juara ketiga.

Pemenang berhak atas hadiah Rp70 juta untuk juara pertama, Rp50 juta untuk pemenang kedua, serta Rp30 juta untuk pemenang ketiga.

Sementara itu, pemenang  Best of The Best  yang diraih SMAN 19 Bandung mendapatkan hadiah tambahan berupa pelatihan tentang lingkungan di Jepang. Dengan demikian, total hadiah yang diberikan dalam program Toyota Eco Youth ke-9 ini mencapai Rp660 juta.

Wakil Presiden Direktur TAM Suparno Djasmin menyebutkan, tahun ini minat siswa untuk mengikuti Toyota Eco Youth kian meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kompetisi kali ini jauh lebih ketat dengan peningkatan jumlah peserta menjadi 3 kali lipat dari tahun lalu," kata Suparno.

Ia menyebutkan, Toyota Eco Youth bertujuan meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan karena pembangunan lingkungan hidup memiliki aspek luas sehingga menuntut kreativitas tinggi.

Selain itu, jumlah pengajuan program yang masuk mencapai 1.709 proposal yang diseleksi menjadi 20 finalis dengan rincian 12 proyek sains dan delapan proyek sosial. Para finalis berkesempatan mengikuti  workshop  bimbingan Toyota Indonesia. [ikh]

Nuhun for visit Finalis Toyota Eco Youth Tuntaskan Proyek LH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar