Sabtu, 29 Agustus 2015

Berita Tekno IIMS 2015 Tampilkan Mobil Off-road Buatan Cimahi

Berita Tekno IIMS 2015 Tampilkan Mobil Off-road Buatan Cimahi

sumber berita IIMS 2015 Tampilkan Mobil Off-road Buatan Cimahi : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2233583/iims-2015-tampilkan-mobil-off-road-buatan-cimahi

INILAHCOM, Jakarta - Mobil Fin Komodo buatan Cimahi, Jawa Barat, tampil di booth Pavilion Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kendaraan keperluan off-road itu dibuat oleh Ir. H. Ibnu Susilo, industrialis Indonesia yang berpengalaman di industri pesawat Airbus 380 maupun A400M versi militer.

Siaran pers penyelenggara IIMS 2015 menyebutkan, kendaraan produksi PT Fin Komodo Teknologi tersebut menarik perhatian pengunjung yang awalnya mengira Fin Komodo adalah mobil modifikasi atau semacam boogie car.

Mereka kaget dan bangga ada perusahaan Indonesia yang bisa memproduksi mobil seperti Komodo.

"Prospeknya sangat bagus, banyak calon pembeli yang akan lakukan test drive seusai pameran ini. Terutama mereka yang bergerak di bidang perkebunan dan industri," kata Ibnu, alumnus ITS mesin angkatan 1980.

Perjalanannya membuat Komodo seperti saat ini terbilang berliku-liku, apalagi latarbelakangnya adalah industri pesawat terbang. Ia bekerja di bidang desain pesawat di IPTN Bandung dan kemudian dilanjutkan ke pabrikan Airbus.

"Saya meriset proyek ini usai di Airbus pada 2005. Setahun kemudian bikin desain, selanjutnya keluar prototipe sampai empat generasi. Generasi 2011 yang menjadi inti produk seperti sekarang ini. Perjuangan panjang, tapi puas karena inilah salah satu bukti bahwa produk Indonesia bisa dibanggakan," tambahnya.

Fin Komodo tampil dengan dua versi, standar dan medivac yang dimodifikasi untuk mobil evakuasi di arena offroad yang lengkap dengan fasilitas medis. Keduanya hanya mengandalkan mesin berkapasitas 250cc dan menyemburkan tenaga hanya 14hp pada rpm 750. Namun, kekuatan itu ternyata cukup ampuh menembus medan lumpur yang menenggelamkan keempat roda. Padahal, sistem penggeraknya hanyalah 2 roda belakang dengan sprocket.

"Rangka mobil ini mengadopsi rangka pesawat ringan, jadi sangat ringan sehingga tak butuhkan power yang besar. Itu juga yang bikin konsumsi bahan bakar sangat hemat, 1:20. Pakai premium, tapi bisa juga Pertamax," tambahnya.

Menggunakan transmisi otomatis, Fin Komodo juga terlihat stabil di jalanan yang 'amburadul' dan tetap membuat pengemudi dan penumpangnya nyaman tanpa terbanting-banting di kursinya. Hal itu berkat penggunaan suspensi depan dan belakang model fully independent double wishbone dengan per keong.

"Di sini (IIMS 2015) memang tak bisa melakukan test drive. Tapi, kami sudah punya banyak jadwal dengan calon pembeli. Ya, penampilan kami pada pameran otomotif kali ini terbilang sangat memuaskan. Pameran sebesar ini memang perlu mengangkat karya anak bangsa. Saya lihat banyak produk dalam negeri yang tampil dan menjadi sisi plus dari IIMS tahun ini," pungkas Ibnu.

[ikh]

Nuhun for visit IIMS 2015 Tampilkan Mobil Off-road Buatan Cimahi

1 komentar:

  1. Sudahkah diproduksi masal? Harga untuk setiap unitnya apakah bisa dijangkau oleh kalangan menengah kebawah? Street legal? Trimakasih

    BalasHapus