Senin, 03 Agustus 2015

Berita Tekno NASA Rilis Citra Asteroid Berbentuk Kacang

Berita Tekno NASA Rilis Citra Asteroid Berbentuk Kacang

sumber berita NASA Rilis Citra Asteroid Berbentuk Kacang : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2226772/nasa-rilis-citra-asteroid-berbentuk-kacang

INILAHCOM, Washington - NASA meluncurkan citra baru asteroid yang disebut 'space peanut' atau kacang antariksa. Dijuluki demikian karena bentuknya yang seperti kacang.

Memiliki nama resmi 1999 JD6, asteroid ini berukuran 1,2 mil sepanjang sumbunya. Benda angkasa tersebut dikategorikan sebagai asteroid contact binary atau asteroid dengan dua cuping yang saling menempel, demikian lansir  NationalGeorgraphic.

Ilmuwan NASA menggunakan teleskop Deep Space Network di Goldstone, California, dan National Science Foundation Green Bank di West Virginia untuk meneliti asteroid tersebut.

Diketahui bahwa pada akhir pekan ini, asteroid 1999 JD6 akan melewati Bumi dengan jarak sejauh 7,2 juta kilometer. Jarak itu setara dengan 19 kali jarak Bumi dan Bulan.

Pemimpin misi penelitian asteroid kacang antariksa ini, Lance Benner, menjelaskan bahwa tidak biasanya asteroid besar memiliki bentuk serupa kacang.

"Hanya 15% dari asteroid berukuran lebih besar dari 180 meter yang melintas dekat dengan Bumi yang memiliki bentuk seperti kacang," ujarnya. [ikh]

Nuhun for visit NASA Rilis Citra Asteroid Berbentuk Kacang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar