Senin, 03 Agustus 2015

Berita Tekno Robot Toyota untuk Antar-Jemput Pasien

Berita Tekno Robot Toyota untuk Antar-Jemput Pasien

sumber berita Robot Toyota untuk Antar-Jemput Pasien : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2226684/robot-toyota-untuk-antar-jemput-pasien

INILAHCOM, Yokohama - Raksasa otomotif Jepang, Toyota, telah menciptakan Human Support Robot (HSR), robot yang mengingatkan kita dengan karakter robot Baymax di film  Big Hero 6.

Kouchi Ikeda, sang perancang, menjelaskan bahwa HSR diciptakan untuk membantu menjemput pasien yang memiliki disabilitas. Tak hanya pasien dengan disabilitas, HSR juga dapat digunakan untuk menjemput pasien usia lanjut dari rumah mereka.

NationalGeographic  melansir, HSR dibuat dengan satu lengan mekanik sederhana yang mampu menggenggam objek dengan beragam bentuk dan ukuran. Robot ini juga mampu mengambil benda-benda kecil dengan gelas isap mini di tangannya.

Mengingat bahwa nantinya di tahun 2060, sebanyak 40% dari total populasi penduduk Jepang akan berusia 65 tahun ke atas, pembuatan robot ini dinilai perlu.

"Mereka akan lebih merasa nyaman untuk meminta sang robot untuk menjemput dan mengantar mereka ke rumah sakit, dibanding jika harus meminta kepada orang lain,” ucap Tadashi Hatakenaka, manajer dan insinyur di Yokohama Rehabilitation Center, seperti dikutip  PhysOrg.

HSR dapat dikontrol dengan mudah, dengan hanya menggunakan perangkat tablet. Robot setinggi 1,3 meter ini memiliki sejumlah kamera. Dua di antaranya terletak di atas kepala, berfungsi layaknya mata manusia.

Genggaman dan gerak HSR yang ringan dan halus membuat orang yang dijemputnya terhindar dari kemungkinan sakit akibat kekuatannya. Meski demikian, robot pintar ini bisa mengangkat dan menggenggam benda hingga seberat 1,2 kilogram.

[ikh]

Nuhun for visit Robot Toyota untuk Antar-Jemput Pasien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar