Sabtu, 04 Juli 2015

Berita Tekno Arkeolog Jepang Temukan Bangkai Kapal Kubilai Khan

Berita Tekno Arkeolog Jepang Temukan Bangkai Kapal Kubilai Khan

sumber berita Arkeolog Jepang Temukan Bangkai Kapal Kubilai Khan : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2219534/arkeolog-jepang-temukan-bangkai-kapal-kubilai-khan

INILAHCOM. Matsuura -- Arkeolog menemukan bangkai kapal Kubilai Khan yang gagal menginvasi negeri Jepang pada abad ke-13.

Arkeolog dari Universitas Ryukyu dan dewan pendidikan kota Matsuura mengatakan bangkai kapal Kubilai Khan yang ditemukan itu yang kedua.

"Kami juga menemukan tiga kapal lain tapi belum bisa dikonfirmasi," kata Profesor Yoshifumi Ikeda kepada Asahi Shimbun.

Dua bangkai kapal Kubilai Khan pertama ditemukan tahun 2011. Keduanya bertahun 1274 dan 1281, ketika kaisar Dinasti Yuan mengerahkan 4.000 kapal untuk menaklukan Jepang.

Mongol, yang mendirikan Dinasti Yuan di Tiongkok, tidak pernah mencapai Jepang. Dalam dua kesempatan invasi, seluruh kapal pembawa pasukan tenggelam dihantam topan Kamikaze.

Kapal karam terbaru diidentifikasi dari struktur dan artefak keramik yang ditemukan di dekatnya. Kapal memiliki panjang 12 meter dan lebar tiga meter.

Namun peneliti memperkirakan bukan tidak mungkin kapal memiliki panjang 20 meter dari haluan ke buritan, dengan lebar tujuh meter.

"Kami berhasil memastikan kedua kapal itu adalah bagian armada Kubilai Khan yang gagal mengivansi Jepang, kini kami berusaha mencari kapal Mongol lebih banyak lagi," ujar Ikeda.

Kapal itu ditemukan sekitar 200 meter dari lepas pantai Pulau Takashima. Kedua bangkai kapal itu terpisah sejauh 1,7 kilometer.

Para ahli percaya pasukan Mongol berusaha berlindung dari serangan badai di sekitar teluk Pulau Takashima, tapi gagal.

Atsuyuki Nakata, kepala divisi properti dewan kota Matsuura, mengatakan kepada The Telegraph bahwa mereka berharap belajar banyak dari kecelakaan yang mengakibatkan kegagalan Kubilai Khan menginvasi Jepang.

"Yang juga kami pelajari adalah kayu yang digunakan Mongol untuk membangun kapal 730 tahun lalu, serta teknik pembangunan kapal-kapal itu," ujarnya.

Temuan ini membukaikan Kubilai Khan dua kali nyaris mencapai Jepang, tapi topan Kamikaze menggagalkannya. Tidak ada invasi ketiga Kubilai Khan, karena Mongol tidak memiliki sumber daya manusia lagi.

Nuhun for visit Arkeolog Jepang Temukan Bangkai Kapal Kubilai Khan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar