Jumat, 31 Juli 2015

Berita Tekno Pertama Kali, Aurora Terlihat di Luar Tata Surya

Berita Tekno Pertama Kali, Aurora Terlihat di Luar Tata Surya

sumber berita Pertama Kali, Aurora Terlihat di Luar Tata Surya : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2225870/pertama-kali-aurora-terlihat-di-luar-tata-surya

INILAHCOM, London - Aurora dengan cahaya sejuta kali lebih terang dari Aurora Borealis, terlihat di luar tata surya kita untuk pertama kalinya, demikian ungkap para ilmuwan.

Sebuah tim internasional mendeteksi tampilan cahaya seputar sebuah bintang kerdil cokelat sekitar 18 tahun cahaya jauhnya di konstelasi Lyra.

Mereka mengatakan cahaya itu tampak seperti Cahaya Utara, lebih terang hingga satu juta kali dan cenderung berwarna lebih merah dan bukan hijau.

Temuan ini dilaporkan dalam jurnal  Nature.  Dr Stuart Littlefair, astronom dari University of Sheffield, mengatakan, "Ini adalah pertama kalinya kami telah mengukuhan tentang terlihatnya aurora di luar tata surya."

Aurora berkilauan tergolong tampilan yang paling memesona di Bumi. Kelebat cahaya begini juga dapat muncul di beberapa titik di semua planet di tata surya kita.

Aurora terjadi ketika partikel yang mendapat muatan dari matahari berinteraksi dengan atmosfer.

Disebut LSR J1835, bintang kerdil cokelat itu diamati menggunakan teleskop radio Very Large Array dan teleskop optik Hale dan Keck. Para ilmuwan mengamati putaran cepat objek itu, dan mengamati bagaimana keragaman cahayanya.



"Perubahan kecerahan konsisten dengan apa yang kita lihat pada aurora," kata Dr Littlefair.

Aurora itu berwarna merah karena partikel bermuatan terutama berinteraksi dengan hidrogen di atmosfer. Di Bumi, cahaya kehijauan disebabkan oleh elektron dari matahari yang menghantam atom oksigen.

Namun, para ilmuwan masih erusaha mencari jawaban bagaimana pertunjukan cahaya itu dihasilkan.

Nuhun for visit Pertama Kali, Aurora Terlihat di Luar Tata Surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar