Senin, 27 Juli 2015

Berita Tekno Fosil Ular Berkaki Empat Ditemukan di Brasil

Berita Tekno Fosil Ular Berkaki Empat Ditemukan di Brasil

sumber berita Fosil Ular Berkaki Empat Ditemukan di Brasil : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2225049/fosil-ular-berkaki-empat-ditemukan-di-brasil

INILAHCOM, London - Sebuah fosil ular berkaki empat berusia 113 juta tahun ditemukan di Brasil. Fosil seperti ini adalah yang pertama dilihat ilmuwan dan diperkirakan adalah nenek moyang ular masa kini.

Tangan dan kaki kecilnya itu diduga tidak digunakan untuk berjalan dan berenang, namun mungkin membantunya mencengkram mangsa dan menggali. Temuan itu memperkuat asumsi yang mengatakan ular berevolusi di daratan.

Perdebatan itu sudah lama berlangsung di antara ahli palaentologi, dan para peneliti mengatakan makin sedikit bukti yang menunjukkan ular berkembang dari reptil laut.

"Ini adalah fosil ular yang paling primitif, dan tampak jelas ini tidak hidup di air," kata salah satu peneliti studi itu, Dr Nick Longrich dari University of Bath, Inggris, seperti dikutip  BBC.

Ia menjelaskan makhluk ini tidak memiliki buntut yang berbentuk seperti dayung untuk berenang dan tidak memiliki tanda-tanda sirip. Sedangkan belalainya yang panjang dan moncong pendek adalah fitur yang biasa ditemukan pada binatang penggali.

Longrich malah melihat 'sejumlah fitur mirip ular' termasuk gigi bengkok, rahang dan tulang punggung fleksibel, bahkan sisik mirip ular.

"Tidak bisa dipungkiri itu adalah ular. Hanya saja dengan lengan dan kaki kecil," ujarnya.

Lengan 4mm dan kaki 7mm itu menurut Longrich tidak digunakan untuk berjalan melainkan untuk mencengkram mangsa.

Cengkraman yang lemah itu, yang mungkin juga digunakan pada saat perkawinan, adalah sumber nama spesies itu, yakni  Tetrapodophis,  yang artinya ular berkaki empat, dan  Amplectus  yaitu bahasa Latin berarti 'merangkul'.

Dr Bruno Simoes, yang mempelajari evolusi penglihatan ular di Museum Sejarah Alam di London, mengatakan sangat terkesan oleh penemuan ini karena lengan dan kaki ular itu terawetkan dengan baik, dan tampak berkembang baik.

"Sangat mengejutkan karena tampak sangat dekat dengan kelompok ular masa kini," katanya.

Simoes mengatakan fosil tersebut ini dan beberapa temuan baru lainnya memberikan bukti bahwa ular berevolusi di daratan. [ikh]

Nuhun for visit Fosil Ular Berkaki Empat Ditemukan di Brasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar