Senin, 20 Juli 2015

Berita Tekno Dataran Beku Terlihat di Pluto

Berita Tekno Dataran Beku Terlihat di Pluto

sumber berita Dataran Beku Terlihat di Pluto : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2223344/dataran-beku-terlihat-di-pluto

INILAHCOM, Florida - NASA kembali merilis foto-foto permukaan Pluto yang menunjukkan dataran licin dan beku, setelah pesawat antariksa tanpa awak mereka, New Horizons, berlalu dekat planet yang jauh tersebut.

Foto-foto  close-up  dataran luas itu dirilis beberapa hari setelah perangkat pertama gambar-gambar dari misi New Horizons mengungkapkan pegunungan ber-es sampai setinggi 3.500 meter di atas permukaan Pluto.

Para ilmuwan mengatakan pegunungan dan dataran ini kemungkinan terbentuk tidak lebih dari 100 juta tahun yang lalu, waktu yang relatif singkat dalam sejarah 4,56 miliar tahun tata surya kita.

Mereka berspekulasi pada jumpa pers di Cape Canaveral, Florida, akhir pekan lalu, bahwa Pluto masih dibentuk oleh proses geologi yang aktif.

"Pegunungan itu tidak mudah dijelaskan. Karena saat ini para ilmuwan masih dalam tahap paling awal penyelidikan permukaan Pluto," ujar kata Jeff Moore, pimpinan tim geologi New Horizons di Pusat Penelitian Ames NASA di California, seperti dilansir  BBC.

Hanya kira-kira 1% dari 50 gigabytes data yang direkam dalam penerbangan dekat Pluto telah dikirim kembali ke Bumi.

New Horizons yang bertenaga nuklir, terbang lebih cepat dibandingkan dengan pesawat antariksa manapun yang pernah dibuat dengan kecepatan lebih dari 49.500 km/jam.

Pesawat antariksa ini berlalu dekat Pluto hari Selasa pekan lalu (13/7/2015), hingga sedekat 12.500 kilometer dan mengumpulkan data dengan volume yang sangat besar. [ikh]

Nuhun for visit Dataran Beku Terlihat di Pluto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar