Senin, 13 Juli 2015

Berita Tekno Inggris Akan Pasang Pendeteksi Abu Vulkanik

Berita Tekno Inggris Akan Pasang Pendeteksi Abu Vulkanik

sumber berita Inggris Akan Pasang Pendeteksi Abu Vulkanik : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2221931/inggris-akan-pasang-pendeteksi-abu-vulkanik

INILAHCOM, London - Jaringan alat pendeteksi abu akan dipasang di seluruh Inggris untuk membantu dalam mencegah penutupan wilayah udara Eropa akibat abu vulkanik.

Peralatan menggunakan laser untuk mengetahui ketebalan awan abu dan data itu dapat digunakan untuk menentukan apakah awan tersebut cukup aman dilalui pesawat.

"Alat baru ini akan memungkinkan Badan Meteorologi Inggris untuk melacak awan abu secara lebih mudah dan memperkirakan kemungkinan penyebarannya secara lebih tepat," kata Robert Goodwill, seorang pejabat penerbangan Inggris, seperti dilansir  BBC.

"Hal tersebut dapat memainkan peran besar dalam menekan gangguan penerbangan bila terjadi insiden di masa mendatang," tambahnya.

Pembangunan jaringan pendeteksi ini dilakukan menyusul letusan gunung berapi Eyjafjallajokull di Islandia pada 2010 yang menyebabkan berbagai maskapai penerbangan di dunia membatalkan penerbangan karena abu vulkanik menyebar ke wilayah udara Eropa.

Pada saat itu, semua pesawat tidak diizinkan terbang apabila terdapat debu di angkasa.

Saat itu, penutupan angkasa untuk penerbangan akibat gunung Eyjafjallajokull ditaksir menyebabkan kerugian bagi maskapai penerbangan lebih dari 1 miliar pounsterling. [ikh]

Nuhun for visit Inggris Akan Pasang Pendeteksi Abu Vulkanik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar