Senin, 29 Juni 2015

Berita Tekno Ketahuilah! Kadal Ini Nenek Moyang Semua Kura-kura

Berita Tekno Ketahuilah! Kadal Ini Nenek Moyang Semua Kura-kura

sumber berita Ketahuilah! Kadal Ini Nenek Moyang Semua Kura-kura : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2217853/ketahuilah-kadal-ini-nenek-moyang-semua-kura-kura

INILAHCOM. Stuttgart -- Sekilas tampak seperti kadal aneh dengan cangkang prekursor, tapi para ilmuwan yakin kerangka fosil berusia 240 juta tahun itu -- yang ditemukan di sebuah tambang di selatan Jerman -- adalah nenek moyang semua kura-kura.

Ilmuwan mengumumkan penemuan itu di Nature edisi 24 Juni 2015, dan menyebutnya sebagai kura-kura tertua. Padahal, reptil era Periode Triassic -- periode 250 sampai 200 juta tahun lalu -- ini hanya sepanjang 20 cm, dan lebih mirip kadal dibanding kura-kura.

Yang membedakan dari kadal adalah ada seperangkat fitur kulit penyu, dan wajah yang lebih mirip kura-kura dibanding kadal.

Mereka memberi nama hewan prasejarah ini Poppochelys, yang berarti kakek kura-kura, karena posisinya berada di dasar pohon keluarga kura-kura.

"Poppochelys membentuk rantai yang hilang karena dua alasan; jauh lebih tua dari kura-kura yang kita kenal selama ini, atatomi lebih primitif di banyak fitur," ujar Rainer Schoch, paleontolog Museum Sejarah Alam Jerman di Stuttgart.

##ads_placeholder##

Poppochelys berusia 20 juta tahun lebih tua dari penyu awal, atau odontochelys, yang ditemukan di Tiongkok. Odontochelys membuat cangkang dasar di punggungnya, Pappochelys membawa karakteristik awal yang berevolusi selama puluhan juta tahun.

"Baju besi terdiri dari lapisan tebal, tulang rusuk seperti menyatu satu sama lain di banyak tempat," kata Hans-Dieter Sues dari Museum Nasional Smithsonian Institution of Naturam History di Washington. "Ini tahap penting dalam evolusi cangkang penyu."

Pappochelys, dari 18 kerangka fosil yang ditemukan, memiliki ekor panjang, batang yang luas, dengan paruh seperti penyu. Tengkorak mirip kadal, dengan berbagai pasak gigi pemakan serangga dan kadal kecil.

Binatang ini tinggal di danah air tawar, dan kemungkinan menggunakan ekor untuk berenang, dan kaki sebagai kemudi.

Schoch mengatakan Pappochelys adalah mahluk peralihan, antara nenek moyang kadal dan kura-kura, serta memberi gambaran yang jelas evolusi penyu.

Pappochelys hidup sepuluh juta tahun sebelum dinosaurus pertama yang berbahaya muncul. Saat Pappochelys hidup, predator danau terbesar adalah Mastodonsaurus yang memiliki panjang lima meter. Predator lainnya adalah Batrachotomus, sepanjang enam meter.

Nuhun for visit Ketahuilah! Kadal Ini Nenek Moyang Semua Kura-kura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar