Senin, 29 Juni 2015

Berita Tekno Peneliti Temukan 100 Spesies Baru di Laut Filipina

Berita Tekno Peneliti Temukan 100 Spesies Baru di Laut Filipina

sumber berita Peneliti Temukan 100 Spesies Baru di Laut Filipina : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2217800/peneliti-temukan-100-spesies-baru-di-laut-filipina

INILAHCOM. Manila -- Peneliti kelautan AS mengklaim telah menemukan 100 spesies baru di perairan Filipina.

Dalam survei tujuh pekan yang diselenggarakan California Academy of Science, peneliti mengumpulkan spesimen laut tak terhitung jumlahnya, terdiri dari jenis siput baru, teritip, landak laut bulu halus.

Ekspedisi, yang didanai US National Science Foundation, difokuskan pada keaneka-ragaman hayati di lolong sempit Kepulauan Verde -- terletak di antara pulau Luzon dan Mindoro.

Ekspedisi sebelumnya, tahun 2011 dan 2014, mengeksplorasi bagian barat dan utara lorong sempit itu. Peneliti lapangan memasuki area baru yang kurang dikenal di ujung selatan.

##ads_placeholder##

"Filipina disesaki beragam spesies dan semuanya terancam," ujar Dr Terry Gosliner, kurator senior zoology invertebrata di California Academy of Sciences dan peneliti utama ekspedisi ini.

"Ini salah satu daerah paling mengejutkan yang menyimpan keaneka-ragaman hayati di Bumi," lanjutnya.

Ilmuwan menyelam ke perairan dangkal berpasir, menemukan scan curam, ada clear-water reefs. Lebih ke dalam lagi, penyelam menemukan twillight zone yang belum pernah dijamah manusia.

Nudibranch from the Halgerda genus. Photo: California Academy of Sciences

Studi lapangan di kawasan ini sangat mendebarkan. Peneliti menemukan lebih 40 varietas baru siput laut atau nudibranch. Semuanya ditemukan tidak jauh dari pelabuhan Puerto Galera.

Penemuan akan dijelaskan dalam beberapa bulan mendatang. Ilmuwan akan menggunakan sequencing DNA untuk menganalisis semua spesimen dari alpangan.

Nuhun for visit Peneliti Temukan 100 Spesies Baru di Laut Filipina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar