Sabtu, 27 Juni 2015

Berita Tekno NASA Perkenalkan Robot Penjelajah Bulan Jupiter

Berita Tekno NASA Perkenalkan Robot Penjelajah Bulan Jupiter

sumber berita NASA Perkenalkan Robot Penjelajah Bulan Jupiter : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2217487/nasa-perkenalkan-robot-penjelajah-bulan-jupiter

INILAHCOM. California -- Badan Antariksa AS (NASA) memperkenalkan prototipe kapal selam robot yang akan menjelajah samudera di bawah es Europa -- salah satu bulan planet Jupiter.

NASA memberi nama perangkat ini BRUIE, kependekan dari Buoyant Rover for Under-Ice Exploration. Kapal selam robot ini dilengkapi berbagai sensor dan instrumen, serta perangkat lunak yang pernah digunakan dalam misi Mars Cube One -- pesawat ruang angkasa nano yang digunakan untuk menyurvei Planet Merah tahun 2016.

Perangkat ini juga menggunakan laser kuat yang bisa meledakan lapisan es tebal untuk membuka jalan ke kedalaman samudera.

Saat ini perangkat yang lebih mirip termos sedang diuji di bawah tanki berisi 188 ribu galon air di California Science Center di Los Angeles. Kelak perangkat akan dilengkapi roda dan dapat berjalan di dasar samudera.

Perangkat ini telah digunakan untuk menjelajah Akrtik dan Antartika, tapi penyelang Andy Kesh -- dari NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) -- punya rencana besar sambil menunggu kabar sukses dari Mars.

"BRUIE adalah prototipe awal untuk kendaraan yang bisa menjelajah Europa dan planet lain yang tertutup es, tapi memiliki samudera di bawahnya," ujar Kesh seperti dikutip  Russia Today.

Europa adalah salah satu bulan planet Jupiter. Robert Pappalardo, ilmuwan yang terlibat dalam misi ke Europa, mengatakan bulan Jupiter ini adalah tempat yang paling mungkin untuk menemukan kehidupan lain di Bimasakti.

"Kita tahu di Bumi, air adalah kehidupan. Bukan tidak mungkin di Europa juga terdapat kehidupan di bawah air," ujar Pappalardo.

Nuhun for visit NASA Perkenalkan Robot Penjelajah Bulan Jupiter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar