Jumat, 17 Juli 2015

Berita Tekno Ilmuwan Terkejut Lihat Pegunungan di Pluto

Berita Tekno Ilmuwan Terkejut Lihat Pegunungan di Pluto

sumber berita Ilmuwan Terkejut Lihat Pegunungan di Pluto : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2222877/ilmuwan-terkejut-lihat-pegunungan-di-pluto

INILAHCOM, Washington - Rangkaian foto terbaru Pluto yang diambil dari jarak dekat mengejutkan para ilmuwan NASA. Kawasan dekat khatulistiwa Pluto menunjukkan sejumlah pegunungan es baru dengan ketinggian hingga 3.500 meter.

Hal ini terungkap berkat misi New Horizons, pesawat antariksa tanpa awak NASA yang beberapa hari lalu melintasi planet tersebut setelah melakukan perjalanan sejauh 5 miliar kilometer selama 9,5 tahun..

Para ilmuwan mengatakan, Pluto tidak bisa mendapat energi panas dari interaksi gravitasi dengan benda planet lain yang lebih besar. Interaksi gravitasi semacam ini biasanya yang menghasilkan pegunungan.

Gunung-gunung es tersebut diperkirakan terbentuk kurang dari 100 juta tahun lalu dan mungkin akan terus berkembang.

"Ini adalah salah satu permukaan termuda yang pernah kami lihat di tata surya kita," kata Jeff Moore dari tim GGI (Geology, Geophysics and Imaging) New Horizons, seperti dilansir  VOA News.

NASA juga merilis foto-foto Charon, bulan terbesar Pluto. Foto-foto itu menunjukkan deretan tebing dan palung sepanjang hingga 1.000 kilometer. Para ilmuwan mengatakan terkejut melihat tidak ada banyak kawah di permukaan bulan Charon.

Misi New Horizons menjadikan AS sebagai negara pertama yang telah mengirim misi antariksa ke semua planet -- dari Merkurius hingga Pluto. [ikh]

Nuhun for visit Ilmuwan Terkejut Lihat Pegunungan di Pluto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar