Selasa, 14 Juli 2015

Berita Tekno Pluto Ternyata Lebih Besar dari Perkiraan

Berita Tekno Pluto Ternyata Lebih Besar dari Perkiraan

sumber berita Pluto Ternyata Lebih Besar dari Perkiraan : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2222280/pluto-ternyata-lebih-besar-dari-perkiraan

INILAHCOM, Florida - Pluto ternyata agak lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya, dengan diameter 2.370 kilometer atau sekitar 2 kilometer lebih besar.

Pengukuran terbaru ini dilakukan pesawat antariksa tanpa awak New Horizons yang melewati planet terkecil dalam sistem tata surya itu, yang sudah 'diturunkan posisinya' bukan sebagai planet lagi pada 2006 lalu.

Hasil ini juga mengukuhkan Pluto sebagai objek terbesar yang sejauh ini sudah dideteksi yang berada di luar sistem tata surya, yang dikenal dengan Kuyper Belt.

New Horizons milik NASA rencananya akan terus mengirimkan gambar-gambar dan data setelah melewati Pluto, yang akan memastikan lebih jauh ukuran planet kerdil tersebut.



Ukuran yang baru antara lain mempunyai implikasi bahwa Pluto tidak sepadat perkiraan awal dengan bagian es di dalamnya mungkin lebih tinggi dari yang diketahui sebelumnya.

New Horizons dilaporkan telah melewati Pluto dengan ketinggian 12.500 kilometer pada Selasa (14/7/2015) pukul 07.49 ET atau 19.49 WIB. Setelah itu, New Horizons kehilangan kontak radio dengan Bumi, yang hanya bisa menunggu kepastian bahwa pesawat antariksa ini sudah melewati Pluto dan mengirimkan semua data yang dikumpulkan.

Pesan dan pengiriman data diperkirakan akan terjadi pada Selasa pukul 19.53 ET atau Rabu (15/7/2015) pukul 07.53 WIB. [ikh]

Nuhun for visit Pluto Ternyata Lebih Besar dari Perkiraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar