Sabtu, 12 September 2015

Berita Tekno Belajar Ilmu Nahwu Shorof Kini Bisa via Android

Berita Tekno Belajar Ilmu Nahwu Shorof Kini Bisa via Android

sumber berita Belajar Ilmu Nahwu Shorof Kini Bisa via Android : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2236826/belajar-ilmu-nahwu-shorof-kini-bisa-via-android

INILAHCOM, Madura - Untuk mempermudah para generasi muda mempelajari jenis ilmu nahwu dan shorof, para santri pondok pesantren di Pulau Madura meluncurkan aplikasi Android mengenai ilmu tentang tata bahasa Arab tersebut.

"Santri yang membuat dan meluncurkan aplikasi Android nahwu dan shorof ini adalah mahasiswa teknik Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan," kata Dekan Fakultas Teknik UIM Pamekasan Dr Hozairi baru-baru ini di Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Sementara ini, isi dari aplikasi andorid nahwu dan sorrof itu masih berisi enam poin pembahasan, yakni deskripsi tentang fiil atau kata kerja, ciri-cirinya, fiil menurut waktunya, serta jenis dan susunan fiil.

Selain itu, aplikasi yang dibuat santri mahasiswa UIM ini juga memuat fiil menurut objek, fiil menurut bentuknya serta fiil menurut susunannya.

Hozairi yang juga pembimbing aplikasi android untuk tata bahasa Arab nahwu sorrof dengan aplikasi yang diberi nama tasrefan ini menjelaskan, jenis teknologi ini di satu sisi sebenarnya merupakan upaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ke arah yang lebih bermanfaat.

Dengan aplikasi ini, kata alumni MAN Jungcangcang Pamekasan ini, maka para santri dan generasi muda muslim bisa belajar ilmu nahwu dan sorrof dimanapun saja.

"Kepentingan kami kan mengarahkan bagaimana agar kemajuan di bidang informasi dan teknologi pada bidang yang positif, yakni mendukung kemajuan ilmu pengetahuan," katanya menambahkan.

Disisi lain, kata doktor lulusan ITS Surabaya ini, dengan meningkatkan kreativitas, maka peluang ekonomi juga akan terbuka seluas-luasnya.

Selain aplikasi nahwu sorrof, jenis aplikasi android lainnya yang juga telah dibuat para santri mahasiswa UIM Pamekasan ini adalah kamus Bahasa Madura.

Namun, kata Hozairi yang juga pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan ini, sebagaimana aplikasi tasref, aplikasi android untuk kamus Bahasa Madura juga perlu penyempurnaan. [tar]

Nuhun for visit Belajar Ilmu Nahwu Shorof Kini Bisa via Android

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar