Sabtu, 12 September 2015

Berita Tekno Ilmuwan Temukan Fosil Spesies Baru Manusia Purba

Berita Tekno Ilmuwan Temukan Fosil Spesies Baru Manusia Purba

sumber berita Ilmuwan Temukan Fosil Spesies Baru Manusia Purba : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2236962/ilmuwan-temukan-fosil-spesies-baru-manusia-purba

INILAHCOM, Johannesburg - Sekelompok ilmuwan mengumumkan temuan yang mereka sebut nenek moyang manusia yang sudah punah, di situs fosil manusia purba di Afrika Selatan.

Para ilmuwan, yang menerbitkan temuan mereka di jurnal ilmiah eLIFE, menyebut spesies baru itu Homo Naledi. Dalam bahasa setempat, Naledi berarti bintang, dan telah dikategorikan dalam kelompok 'Homo', yang di dalamnya terdapat pula manusia modern.

Mereka menyatakan spesies Homo Naledi ini kemungkinan besar berjalan tegak, tingginya sekitar 1,5 meter dan bobotnya 45 kilogram.

Mereka juga menyebut tangan dan kaki Homo Naledi seperti tangan dan kaki manusia. Tetapi tulang rusuk, bahu dan tulang panggulnya lebih mirip dengan manusia purba ketimbang manusia modern. Volume otaknya pun kecil, hampir setara dengan volume otak gorila.



Ini merupakan hasil temuan sekelompok tulang di suatu bagian gua yang sukar dijangkau di situs fosil manusia purba di luar kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Sekitar 1.500 tulang yang ditemukan sejauh ini di situs tersebut berasal dari sedikitnya 15 individu, sebut para peneliti. Mereka meyakini Homo Naledi hidup antara 2,5 juta dan 2,8 juta tahun yang lalu, tetapi tulang belulang di lokasi tersebut mungkin berusia lebih muda daripada itu.

Para peneliti menyatakan memastikan usia tulang tersebut merupakan tantangan selanjutnya bagi mereka.

Juga belum jelas mengapa tulang belulang ini berada di bagian terpencil di dalam gua tersebut. Para ilmuwan berspekulasi bahwa manusia purba itu mungkin menempatkan mayat-mayat tersebut di sana, dalam suatu kebiasaan yang jarang dilakukan oleh manusia purba.

Kepala tim ilmuwan, Profesor Lee Berger, mengatakan spesies baru ini mungkin saja adalah 'jembatan' antara primata bipedal (primata yang berjalan atau bergerak dengan dua kaki) yang lebih primitif dan manusia. [ikh]

Nuhun for visit Ilmuwan Temukan Fosil Spesies Baru Manusia Purba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar