Selasa, 14 Juli 2015

Berita Tekno Fisikawan LHCb Temukan Partikel Pentakuark

Berita Tekno Fisikawan LHCb Temukan Partikel Pentakuark

sumber berita Fisikawan LHCb Temukan Partikel Pentakuark : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2222289/fisikawan-lhcb-temukan-partikel-pentakuark

INILAHCOM. Wina -- Ilmuwan di Large Hadron Collider, Selasa (14/7), mengumumkan menemukan partiken pentaquark.

BBC.co.uk melaporkan temuan telah disampaikan ke jurnal Physical Review Letters, dan dipublikasikan.

Pentakuark adalah partikel terlupa, dan nyaris tidak menjadi pembicaraan selama lima dekade.  Kini, partikel ditemukan melalui percobaan yang dilakukan ilmuwan di LHCb.

Tahun 1964, dua fisikawan; Murray Gell Mann dan George Zweig mengemukakan gagasan akan adanya partikel subatomik independen yang disebut kuark.

Keduanya berterori sifat kunci partikel, yang juga dikenal sebagai baryon dan meson, terdiri dari partikel konstituen lainnya. Zweig menciptakan istilah 'ace' untuk tiga blok bangunan hipotesis baru, Gell-Mann memberinya nama kuark.

Nama yang diberikan Gell-Mann lebih bisa diterima. Sejak saat itu ilmu fisika mengenal adanya partikel kuark.

Kuark bukan satu, tapi banyak. Pentakuark adalah salah satunya. Partikel ini terdiri dari empat kuark dan antikuark, setara dengan anti-materi dari kuark biasa.

Pada pertengahan tahun 2000-an, beberapa tim mengklaim mendeteksi pentakuark, tapi penemuan mereka dirusak eksperimen lain.

"Ada cukup sejarah dengn pentakuark, yang membuat kami sangat berhati-hati mengemukakan klaim ini," ujar Patrick Koppenburg, koordinator fisikawan di LHCb di CERN kepada BBC.

"Mungkin hanya pentakuark yang dikutuk. Mungkin karena ada banyak temuan dibantah eksperimen lain, yang membuat temuan sebelumnya dianggap bukan sinyal nyata," lanjutnya.

Temuan pentakuark dimulai dengan langkah fisikawan mempelajari cara partikel subatomik Lambda b membusuk atau berubah, menjadi tiga partikel lain di dalam LHCb. Hasil analisis menunjukan adanya intermediate states yang terlibat dalam produksi tiga partikel itu.

Intermediate states itu diberi nama  Pc(4450)+ dan Pc(4380)+.

Fisikawan Tomasz Skwarnicki dari Syracuse University, AS, mengatakan; "Kami telah memeriksa semua kemungkinan sinyal ini, dan menyimpulkan eksistensi intermediate states sebagai pentakuark."

Guy Wilinson, juru bicara LHCb, mengatakan pentakuark bukan sembarang partikel baru. Ini adalah konstituen dasar proton dan neutron biasa, dalam pola yang belum pernah diamati selama lima dekade pencarian eksperimental.

Nuhun for visit Fisikawan LHCb Temukan Partikel Pentakuark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar