Rabu, 15 Juli 2015

Berita Tekno New Horizons 'Selamat' Setelah Memantau Pluto

Berita Tekno New Horizons 'Selamat' Setelah Memantau Pluto

sumber berita New Horizons 'Selamat' Setelah Memantau Pluto : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2222439/new-horizons-selamat-setelah-memantau-pluto

INILAHCOM, Maryland - Sinyal yang dikirimkan New Horizons menunjukkan bahwa pesawat antariksa milik NASA tersebut selamat setelah memantau Pluto.

Data pertamanya yang dikirim ke Bumi sejak Selasa (14/7/2015) menunjukkan bahwa pesawat tersebut tak mengalami gangguan berarti saat melewati atmosfer penuh es pada kecepatan 14 kilometer per detik.

Sinyal itu ditangkap satelit raksasa di Madrid, Spanyol -- bagian dari jaringan antena komunikasi NASA. Pesan tersebut memerlukan waktu empat jam dan 25 menit untuk mengarungi jarak sejauh 4,7 miliar kilometer dan diterima pada 01.53 BST (07.53 WIB).

Rasa gembira dan lega memenuhi markas pusat misi di Laurel, Maryland, AS. Para ilmuwan dan teknisi bersorak dan melambai-lambaikan bendera AS, demikian laporan  BBC.

"Kami sudah mendapat telemetri dari pesawat ruang angkasa. Pesawat kami dalam kondisi baik, kami sudah merekam data dari sistem Pluto, dan kami sudah menuju keluar dari sistem Pluto," kata manajer operasional misi Alice Bowman setelah menerima konfirmasi.

Beberapa menit kemudian, ia menambahkan: "Saya tak bisa menggambarkan perasaan saya. Semuanya persis seperti yang kami rencanakan!"

Foto resolusi tinggi pertama dari pesawat yang melewati Pluto tersebut - sekitar 10 kali lebih rinci daripada yang selama ini sudah diterbitkan - bisa diperoleh pada Rabu (15/7/2015).

Anggota tim misi ini sudah yakin bahwa pesawat akan melewati Pluto dengan baik, tapi ada kemungkinan sangat kecil bahwa New Horizons hilang saat melewati sistem Pluto dengan kecepatan tinggi.

Serpihan es bisa berdampak merusak jika bertabrakan dengan pesawat luar angkasa pada kecepatan 14 kilometer per detik. [ikh]

Nuhun for visit New Horizons 'Selamat' Setelah Memantau Pluto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar