Rabu, 15 Juli 2015

Berita Tekno New Horizons Ternyata Pakai Prosesor PlayStation

Berita Tekno New Horizons Ternyata Pakai Prosesor PlayStation

sumber berita New Horizons Ternyata Pakai Prosesor PlayStation : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2222608/new-horizons-ternyata-pakai-prosesor-playstation

INILAHCOM, San Francisco - Ternyata New Horizons, pesawat penjelajah antariksa tanpa awak milik NASA yang berhasil mengelilingi Planet Pluto, menggunakan prosesor yang sama dengan konsol game Sony PlayStation (PS).

Beberapa hari terakhir ini, Anda mungkin rutin melihat informasi tentang New Horizons yang sukses mengelilingi Pluto dan mengirimkan sejumlah foto beresolusi tinggi dari planet kerdil tersebut.

Tapi, tahukah Anda bahwa prosesor MIPS R3000 yang dipakai untuk pesawat tersebut merupakan prosesor yang sama dengan dipakai oleh Sony dalam konsol PS generasi pertama?

Ya, prosesor ini dipakai oleh NASA di tahun 2006 untuk melontarkan roket, memantau berbagai sensor, serta menyebarkan data dari New Horizons selama penjelajahannya menuju Planet Pluto. New Horizons sendiri diluncurkan NASA pada Januari 2006.

Mengutip  TheVerge,  NASA memang kerap memanfaatkan teknologi yang telah teruji dan bisa diandalkan ketimbang teknologi baru yang dianggap canggih.

Sebagai informasi, badan penerbangan dan antariksa AS ini juga menggunakan prosesor IBM yang dibuat di tahun 2002 untuk pesawat penjelajah Orion yang dirancang untuk mengangkut manusia ke Planet Mars.

Kembali ke New Horizons. Prosesor MIPS R3000 yang digunakan wahana luar angkasa ini hanya sedikit mengalami modifikasi untuk membuatnya lebih tahan terhadap radiasi yang ada di luar angkasa.

Sementara kemampuan pemrosesannya masih sama seperti yang diandalkan Sony di konsol PS generasi pertama.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, para teknisi NASA tidak membutuhkan prosesor yang paling canggih, melainkan prosesor yang paling bisa diandalkan.

Mengingat New Horizons telah menjelajah sejak Januari 2006, prosesor tersebut telah tahan terhadap gempuran dari radiasi luar angkasa serta tetap menjalankan tugasnya setiap hari selama 9,5 tahun.

Nuhun for visit New Horizons Ternyata Pakai Prosesor PlayStation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar