Jumat, 11 September 2015

Berita Tekno Asap Indonesia Jadi Candaan di Media Sosial

Berita Tekno Asap Indonesia Jadi Candaan di Media Sosial

sumber berita Asap Indonesia Jadi Candaan di Media Sosial : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2236958/asap-indonesia-jadi-candaan-di-media-sosial

INILAHCOM, Singapura - Polusi asap tahunan yang disebabkan kebakaran hutan di Indonesia menjadi 'canda' oleh beberapa pengguna media soaial yang mengeluhkan 'tamu tak diundang itu'.

Mulai dari meme sampai kampanye internet, para pengguna Facebook dan Twitter di Singapura, Malaysia dan Indonesia tak terlalu menahan diri soal ini.

Mengutip BBC, seorang pengguna Twitter di Malaysia mengubah lirik lagu Eminem, menjadikannya 'berasap'.

"Guess who's back, back again - the haze is back, tell your friends," kata pengguna Twitter di Kuala Lumpur, yang artinya: "Coba tebak siapa yang kembali, kembali lagi, asap kembali, ceritakan ke kawan-kawan Anda."

Seorang pengguna lain terinspirasi Purple Haze karya legenda musik rock Jimi Hendrix.



Satu meme lucu disebarkan lewat Facebook, memperlihatkan 'perayaan ulang tahun berapi' antara tiga negara yang diwakili oleh bendera masing-masing. Meme ini juga populer di Twitter, dan tidak jelas siapa yang pertama kali membuatnya.



Sementara itu, muncul pula petisi online untuk melawan asap ini. Kartunis Indonesia Dhany Pramata, 23 tahun, menyebarkan gambar lewat Twitter dengan tagar #masihmelawanasap untuk menekankan masih terus berlangsungnya persoalan ini. Tagar ini juga digunakan lebih dari 1.300 kali di Instagram.

Tak mau ketinggalan, warga Singapura juga menyerukan agar orang sadar tanggungajwab mereka terhadap polusi udara. Seorang konsultan keuangan, Tan Yi Han, 30 tahun, membuat laman Facebook berjudul The People's Movement to Stop Haze, atau Gerakan Rakyat untuk Menghentikan Asap.

"Para pejabat dan politisi saling menyalahkan, maka kami memutuskan untuk menolong ketimbang hanya mengeluhkan kenapa hal itu terjadi," kata Han.

"Kami sadar sebagai warga Singapura harus berbuat sesuatu soal minyak sawit dan kertas yang kami gunakan setiap hari. Kami bernapas apa yang kami beli," kata Han kepada BBC. [ikh]

Nuhun for visit Asap Indonesia Jadi Candaan di Media Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar