Minggu, 13 September 2015

Berita Tekno Cegah Pemalsuan, Inggris Kembangkan Barcode 3D

Berita Tekno Cegah Pemalsuan, Inggris Kembangkan Barcode 3D

sumber berita Cegah Pemalsuan, Inggris Kembangkan Barcode 3D : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2236990/cegah-pemalsuan-inggris-kembangkan-barcode-3d

INILAHCOM, London - Tim ilmuwan Inggris mengembangkan barcode 3D (tiga dimensi) yang dapat ditempelkan pada pil obat guna mencegah pemalsuan.

Mengutip BBC, barcode ini dibuat dengan menggunakan jarum-jarum penyemat yang dapat disesuaikan dalam proses percetakannnya, maka kode berbeda-beda dapat dimasukkan ke dalam pil.

Barcode 3D ini terdiri dari serangkaian identifikasi kecil yang kedalamannya sedikit berbeda tetapi akurat, sehingga memungkinkan miliran kombinasi yang berbeda-beda.

Kemudian kode-kode tersebut dibaca menggunakan pemindai yang menyorot lekukan dengan menanfaatkan pantulan cahaya.

Tim di balik sistem baru ini adalah sebuah perusahaan kecil di Yorkshire bernama Sofmat Ltd, dengan dibantu oleh sejumlah ilmuwan dari Universitas Bradford.

Mereka sekarang mengantongi dana 250 ribu poundsterling atau sekitar Rp5,4 miliar dari pemerintah Inggris untuk menyempurnakan produk itu sehingga siap dipasarkan.

Dikatakan, perusahaan obat dan perusahaan jam tangan tertarik menggunakan teknologi itu guna melindungi produk-produk mereka. [ikh]

Nuhun for visit Cegah Pemalsuan, Inggris Kembangkan Barcode 3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar