Rabu, 15 Juli 2015

Berita Tekno Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Jaringan

Berita Tekno Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Jaringan

sumber berita Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Jaringan : http://teknologi.inilah.com/read/detail/2222438/telkomsel-siap-hadapi-lonjakan-trafik-jaringan

INILAHCOM, Jakarta - Telkomsel kembali menyatakan kesiapan jaringan mereka dalam menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadan dan Idul Fitri 2015.  

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar.

Hal ini meliputi  upgrading  kapasitas  core network  VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).
 
Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 218 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta  subscribers.

Kapasitas SMS yang disiapkan sebesar 106.493 SMS/ detik dengan kapasitas volume trafik 2,39 miliar SMS dan untuk kapasitas MMS menjadi 200 MMS/ detik atau setara dengan 4,32 juta MMS/ hari.
 
Untuk kapasitas layanan data, jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 97.000 BTS (Base Transceiver Station), baik 2G, 3G dan 4G. Sebanyak lebih dari 50% di antaranya merupakan BTS 3G (Node-B) ditambah dengan 1.110 BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 427 Gbps.
 
Dalam upaya menjaga kualitas jaringan di momen Lebaran tahun ini, Telkomsel membangun 59 BTS baru,  upgrade  806 BTS dan 63 BSC/RNC, serta menyiagakan 62 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.
 
Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 781 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas) yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian.

Pada titik-titik tersebut, Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data.
 
Tidak hanya itu, untuk memastikan pelanggan mendapatkan akses pelayanan dengan mudah, Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 128 GraPARI dan 392 Mobile GraPARI, 267  branch office,  dan 5 Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di  channel  digital, baik akun Facebook atau Twitter.
 
Adapun pemantauan trafik dan pemeliharaan kinerja perangkat secara ketat selama masa puncak Lebaran dilakukan sepanjang 24 jam secara terpusat melalui Telkomsel Network Operation Centre (NOC) di Jakarta yang mampu melakukan fungsi monitoring secara real time sehingga segala permasalahan yang muncul dapat segera diatasi guna menjamin kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.
 
Telkomsel juga telah melakukan ‘Network Drive Test’ atau uji coba jaringan sepanjang 10.000 km di berbagai jalur mudik utama di Indonesia yang meliputi jalur darat, jalur laut  dan berbagai lokasi wisata untuk memastikan pelanggan agar dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di momen Ramadan dan Idul Fitri. [ikh]

Nuhun for visit Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Jaringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar